Apa itu SEO, SEO Onpage & SEO Offpage

Apa itu SEO, SEO Onpage & SEO Offpage ?

DragoneByte- Artikel ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar SEO. Berisi tentang pengertian, pengenalan dan istilah-istilah dalam SEO yang sering digunakan.  

SEO -Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesianya Optimasi Mesin Pencari- adalah Semua ilmu, cara, teknik dan metode yang digunakan para webmaster maupun blogger untuk mendapatkan posisi teratas/terbaik di mesin pencari. Alasannya tentu saja karena posisi yang bagus dan muncul di halaman 1 mesin pencari akan mendapatkan banyak kunjungan/klik.

Apa itu SEO, SEO Onpage & SEO Offpage ?
 Istilah yang harus anda ketahui :
– (Search Engine Result Page), adalah posisi ranking/peringkat halaman website kita yang muncul dimesin pencari.
– Backlink, adalah link atau tautan dofollow yang dicantumkan di situs lain yang mengarah ke situs kita. Semakin banyak dan berkualitas backlink, maka mesin pencari akan semakin memberikan nilai bagus ke situs kita.
– Link nofollow, adalah link atau tautan yang tidak akan diikuti mesin pencari. Kebalikan dari link nofollow.

– Keyword (Kata kunci), adalah yang kita ketikkan saat mencari sesuatu di mesin pencari.

– SEO Friendly(Ramah SEO), adalah istilah yang digunakan untuk suatu hal/cara/keadaan yang sifatnya ramah atau baik untuk kualitas SEO situs kita.
Berdasarkan Teknisnya, SEO dibagi menjadi 2, yaitu :

1. SEO Onpage

Meningkatkan posisi pencari dengan cara membuat  sebuah web kita mudah dijelajahi, dan  untuk dibaca dan dimengerti oleh crawler(Robot penjelajah) mesin pencari.

2. SEO Offpage

Meningkatkan posisi dimesin pencari dengan cara melakukan berbagai hal yang berpengaruh pada posisi di mesin pencari dari luar website itu sendiri. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menanamkan backlink berkualitas di banyak website.
Sedangkan, jika dipandang dari bagaimana etika melakukannya, SEO dibagi 3 yaitu :

1.  White Hat SEO

Melakukannya tidak melanggar aturan-aturan tertentu yang diberlakukan oleh perusahaan pemilik mesin pencari maupun pihak lain yang terkait. Artinya, SEO yang dilakukan dengan berdasarkan aturan, hukum dan etika yang ada.

2. Black Hat SEO

Pelaksanaanya menghalalkan segala cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Cara-cara ini biasanya melanggar aturan atau etika yang ada. Black Hat selalu mengelabui di mesin pencari untuk menjadi website di posisi yang bagus atau pertama, padahal sebenarnya tidak layak.

3. Gray Hat SEO

Istilah Gray Hat SEO sebenarnya baru muncul belakangan ini. Gray Hat SEO adalah kolaborasi dari White Hat dan Black Hat. Masih menaati aturan dan etika yang ada, tetapi juga melakukan trik-trik tertentu yang tidak biasa.

Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Apa itu SEO, SEO Onpage & SEO Offpage"

Post a Comment